IMG_8413Permainan bola voli-bola voli diciptakan oleh William G. Morgan pada tahun 1985. ia adalah seorang Pembina pendidikan jasmani pada Young Men Christian Association (YMCA) di kota Holyoke, Massachusetts, AmerikaSerikat. Nama permainan in semula disebut “Minonette” yang hamper serupa dengan permainan badminton. Jumlah pemain di sini tak terbatas sesuai dengan tujuan semula yakni untuk mengembangkan kesegaran jasmani para buruh di samping bersenam secara missal. William G. Morgan kemudian melanjutkan idenya untuk mengembangkan permainan tersebut agar mencapai cabang olah raga yang dipertandingkan.

Nama permainan kemudian menjadi “volley ball yang artinya kurang lebih mem-volibola.

Pertandingan bola voli masuk acara resmi dalam PON II 1951 di Jakarta dan POM I di Yogyakarta tahun 1951. setelah tahun 1962 perkembangan bnola voli seperti jamur tumbuh di musim hujan banyaknya klub-klub bola voli di seluruh pelosok tanah air. Boleh dikatakan sampai saat ini permainan bola voli di Indonesia menduduki tempat ketiga setelah sepak bola dan bulu tangkis.

Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan telah membangun sarana olah raga salah satunya adalah lapangan volley yang pembangunannya dimulai pada tanggal 5 Mei 2010 dengan luas 255 m2, yang terletak di sisi barat gedung A Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan . Dana untuk pembangunan lapangan volley ini diperoleh dari PNBP – DIPA. Dalam aktivitas pemanfaatan lapangan volley ini, digunakan latihan rutin volley oleh para mahasiswa, maupun untuk ajang turnamen kejuaran Universitas ataupun antar Fakultas se- Universitas Brawijaya. Dengan adanya sarana olah raga lapangan volley ini diharapkan dapat menggiatkan aktivitas olahraga bagi para mahasiswa dan karyawan serta menumbuhkan olahragawan-olahragawan  yang mumpuni untuk kedepannya berprestasi ke tingkat kejuaraan daerah maupun dunia.