Ketua Laboratorium :
Nama: Zainal Abidin, S.Pi., M.BA
NIP. 19770221 200212 1 008

Website Laboratorium Sosial Ekonomi Perikanan dan Kelautan (SEPK) :
Laboratorium Sosial Ekonomi Perikanan dan Kelautan

Visi
Menjadi Laboratorium yang unggul di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat berbasis entrepreneurship, yang berkontribusi pada pengelolaan dan pemanfaatan sumberdaya perikanan dan kelautan dengan pendekatan keseimbangan antara sosial, ekonomi dan ekologi, yang memberikan kontribusi pada internasionalisasi perguruan tinggi.

Misi
-Menyelenggarakan kegiatan laboratorium yang berbasis entrepreneurship dalam rangka pengelolaan dan pemanfaatan sumberdaya yang berkelanjutan baik secara sosial, ekonomi dan ekologi.
-Menciptakan suasana kegiatan laboratorium yang kondusif dan mampu mendukung kegiatan penelitian yang berkualitas dalam pengelolaan sumberdaya perikanan dan kelautan untuk kesejahteraan masyarakat dalam skala regional, nasional dan internasional.
-Menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat sebagai wujud tanggung jawab moral institusi.
Menyelenggarakan kerja sama dengan berbagai institusi dalam rangka merespon perubahan biofisik, sosial-ekonomi dan budaya.

Tujuan
Membantu dalam menghasilkan Sarjana Perikanan yang bertaqwa, berideologi Pancasila serta berjiwa entrepreneur yang memiliki:
-Kompetensi agrobisnis perikanan (sosial ekonomi perikanan) pada bidang kajian perikanan dan kelautan meliputi: bisnis dan perdagangan, ekonomi sumberdaya, dan sosial perikanan, yang Adaptif, Kreatif, ber-Karakter, Cerdas dan Mandiri (AK2CM), serta berwawasan internasional.
-Kemampuan berkomunikasi dan bekerjasama dalam kelompok multidisiplin dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi sesuai bidang keilmuannya.
-Empati terhadap kehidupan dan perubahan masyarakat serta bertanggung jawab terhadap pengelolaan sumberdaya perikanan dan kelautan berkelanjutan.
-Daya saing dalam dunia kerja di bidang agrobisnis perikanan.

Motto
Berdasarkan motto Jurusan Sosial Ekonomi dan Kelautan, maka motto laboratorium Sosial Ekonomi Perikanan dan Kelautan adalah
“Mencerdaskan dan Melayani”