Dekan FPIK UB Pimpin Forum Pimpinan Perguruan Tinggi Perikanan dan Kelautan Indonesia (FP2TPKI) Periode 2022-2024



Forum Pimpinan Perguruan Tinggi Perikanan dan Kelautan Indonesia (FP2TPKI) merupakan forum komunikasi para pimpinan perguruan tinggi yang memiliki program studi perikanan dan ilmu kelautan. Pada Tahun 2022, kegiatan ini digelar 20 – 22 September 2022, bertempat di Gedung Prof. H. Soedarto, SH., Undip, Semarang.

Kegiatan diawali dengan Seminar Nasional bertema “Society 5.0 dan Ketahanan Bencana untuk Pembangunan Pesisir Berkelanjutan”, menghadirkan keynote speaker Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, serta Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Sakti Wahyu Trenggono.

Hari kedua dilaksanakan pemilihan ketua FP2TPKI periode 2022 – 2024, dimana Dekan FPIK UB, Prof. Maftuch terpilih menggantikan Prof. La Sara. Dalam sambutan yang diberikan, Prof. Maftuch menyatakan kesiapan untuk meneruskan program-program FP2TPKI utamanya pembentukan LAMPT (Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi) Perikanan dan Kelautan. Hal ini sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas perguruan tinggi perikanan dan kelautan di seluruh Indonesia, sekaligus membantu pemerintah untuk mengimplementasikan program utama bidang kelautan dan perikanan yaitu (1) memperluas kawasan konservasi perairan menjadi 30% dari total luas perairan di Indonesia, (2) penangkapan ikan terukur berbasis kuota di enam zona untuk menekan penangkapan berlebih (overfishing), (3) budidaya ramah lingkungan, (4) penataan ruang untuk perlindungan sumberdaya pesisir dan laut, serta (5) Bulan Cinta Laut (BCL) yang diimplementasikan dalam kegiatan bersih sampah laut di Indonesia dengan melibatkan nelayan dan stakeholder pesisir.


Leave a Reply