Workshop Analisis Kualitas Ekosistem Laut di Perairan Malang Selatan Seri I: Analisis Kualitas Air dan Plankton



Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Brawijaya, menyelenggarakan Workshop Analisis Kualitas Ekosistem Laut di Perairan Malang Selatan, Seri I: Analisis Kualitas Air dan Plankton. Pelatihan ini mencakup pelatihan pengambilan data dan analisa beberapa parameter kualitas perairan menggunakan water quality meter (AAQ), serta sampling dan identifikasi fitoplankton dan zooplankton. Dalam workshop ini juga mengundang beberapa narasumber yaitu Dr. S. Nagaraj, M.Sc., M.Phil., Ph.D., (Centre for Advanced Study in Botany, University of Madras, India), Dr. Moh. Awaludin Adam (Research Center of Marine and Land Bioindustry, BRIN), Oktiyas Muzaki Luthfi, ST., M.Sc. (Ilmu Kelautan, Universitas Brawijaya & Ph. D Candidate, University of Szczecin, Polandia).

Workshop ini termasuk dalam kegiatan inbound/magang mahasiswa luar FPIK UB dilakukan sebagai media edukasi dan kolaborasi dalam bidang ilmu pengetahuan antar universitas. Adapun kegiatan ini diikuti oleh 37 mahasiswa luar Universitas Brawijaya yang terdiri dari Universitas Diponegoro, Universitas Abdurachman Saleh Situbondo, Universitas Trunojoyo Madura, Universitas Muhammadiyah Gresik, Universitas Tadulako Palu, Universitas Muhammadiyah Malang, Politeknik Kelautan dan Perikanan Sidoarjo, Universitas Hasanudin, Universitas Nahdhatul Ulama Sumatera Barat, dan Universitas Terbuka. Kegiatan berlangsung secara hybrid dimulai tanggal 18 – 30 Oktober 2022. Pelatihan secara daring (via zoom) dihadiri oleh lebih dari 50 peserta termasuk mahasiswa di lingkungan Universitas Brawijaya. Kegiatan fieldtrip diselenggarakan di Laboratorium Eksplorasi Sumberdaya Perikanan dan Kelautan (ESPK) FPIK UB, Marine Station FPIK UB, dan pengambilan data lapangan di perairan Sendang Biru. Workshop ini dilaksanakan dengan tujuan sebagai berikut:

  1. Memberikan pengetahuan dasar bagi peserta dalam proses sampling hingga analisis data kualitas ekosistem laut menggunakan instrumen AAQ, serta proses sampling dan analisis data plankton di ekosistem laut.
  2. Menyediakan wadah bagi mahasiswa dalam berkegiatan di luar kampus, serta meningkatkan kualitas lulusan tinggi.
  3. Menjalin kerjasama dengan universitas dan instansi yang terlibat

Kegiatan pertama dalam Seri Workshop adalah pembukaan yang dilakukan pada tanggal 18 Oktober 2022 secara online melalui Zoom meeting. Kegiatan ini dibuka oleh Ketua Laboratorium ESPK M. Arif Asadi, S. Kel., M. Sc. dan Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan, Alumni, Kewirausahaan Mahasiswa Dr. Eng. Abu Bakar Sambah, S. Pi., MT. “Program workshop inbound FPIK merupakan salah satu program dari bidang WD Kemahasiswaan, Alumni dan Kewirausahaan Mahasiswa yang perlu di tingkatkan untuk memenuhi target IKU fakultas dan juga Universitas, sehingga nantinya program ini akan menjadi program tahunan dengan berbagai tema kegiatan”, ucap  Ketua Laboratorium ESPK yang sekaligus Ketua panitia acara inbound ini.

Dilanjutkan pada hari yang sama, terdapat penyampaian materi tentang Identifikasi Plankton dan Pemanfaatannya oleh Dr. Moh. Awaludin Adam (Research Center of Marine and Land Bioindustry, BRIN).

Kegiatan selanjutnya dalam Seri Workshop ini adalah Materi III yang dilakukan pada tanggal 20 Oktober 2022. Materi Taxonomy and Biodiversity of phytoplankton disampaikan oleh Dr. S. Nagaraj, ST., M.Sc., Ph.D. (Centre for Advanced Study in Botany, University of Madras).

Kemudian kegiatan sampling di perairan Sendang Biru dilakukan pada hari Sabtu dan Minggu, tanggal 22-23 Oktober 2022. Peserta berkumpul di Lab. ESPK berangkat bersama menuju Marine Station menggunakan bus. Kegiatan lapang hari pertama dilakukan pengambilan data kualitas perairan menggunakan AAQ dan sampel air untuk analisa diversitas plankton menggunakan metode boat towing.

Analisa hasil pengukuran kualitas perairan dengan AAQ dan identifikasi plankton dilakukan esok harinya, yaitu pada tanggal 23 Oktober 2022 di Marine Station, dan dilanjutkan dengan perjalanan kembali ke Malang setelah seluruh rangkaian kegiatan selesai. Setelah kegiatan lapang peserta mendapat tugas untuk menyelesaikan seluruh rangkaian kegiatan workshop ini.


Leave a Reply