FPIK UB Adakan PKKMABA Hadirkan Dahlan Iskan



Dahlan Iskan di acara PKKMABA FPIK UB

Di tahun akademik 2022-2023, program sarjana FPIK UB menerima 1056 mahasiswa baru. Untuk memberikan gambaran kehidupan kampus bagi mahasiswa baru, FPIK UB menyelenggarakan kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMABA) yang dilaksanakan pada 19-20 Agustus 2022. Kegiatan dibuka oleh Dekan FPIK UB, Prof. Dr. If. Maftuch, M.Si. Dalam sambutannya, beliau mengatakan PKKMABA tahun ini dirasa spesial karena dilaksanakan secara luring setelah 2 tahun sebelumnya PKKMABA dilaksanakan secara daring karena pandemi covid-19. Bapak Dekan mengatakan FPIK UB akan memfasilitasi penuh selama mahasiswa menempuh pendidikannya di FPIK UB.

Yang menjadikan PPKMABA 2022 menjadi lebih spesial adalah dengan kehadiran Bapak Dahlan Iskan sebagai salah satu narasumber dalam kegiatan kuliah umum yang menjadi salah satu rangkaian kegiatan PKKMABA di FPIK UB. Bapak Dahlan Iskan yang merupakan Founder Harian DISWAY dan Menteri BUMN periode 2011-2014, memberikan beberapa motivasi untuk mahasiswa baru. Menurut beliau, banyak lulusan perguruan tinggi yang berhasil dalam berkarir diluar program studi yang mereka pelajari saat kuliah. Hal ini disebabkan oleh beberapa hal. Pertama, dengan berkuliah, seorang mahasiswa akan terbiasa berpikir secara ilmiah dan sesuai dengan ilmu pengetahuan. Yang kedua, yang membedakan seorang individu yang telah menempuh pendidikan di perguruan tinggi adalah mahasiswa harus membiasakan diri dengan cara pandang dan berpikir secara sistematis. Motivasi yang ketiga, beliau juga mengatakan agar mahasiswa membiasakan untuk belajar metodologi. Sehingga setelah lulus, mahasiswa akan tergabung dalam masyarakat ilmiah, yang berpikir secara sistematis dan bekerja sesuai dengan metodologi. Yang terakhir adalah ilmu pengalaman. Pengalaman yang terjadi setelah kuliah akan memperkaya diri kita.

 

Dahlan Iskan bersama Dekan FPIK UB Prof. Maftuch

Dalam kegiatan PPKMABA di FPIK UB ini hadir pula Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kewirausahaan Mahasiswa, Prof. Dr. Drs. Abdul Hakim , M.Si. Beliau menyampaikan kegiatan kuliah umum ini sangat penting, khususnya kepada mahasiswa untuk memberikan wawasan bagi mahasiswa untuk memiliki modal dasar dalam upaya memasuki dunia kewirausahaan mandiri. Setiap tahun Universitas Brawijaya mempunyai anggaran khusus untuk melatih dan memberikan modal secara kompetitif kepada mahasiswa dalam start up kewirausahaan mandiri.

Sedangkan Dekan FPIK UB, Prof. Dr. Ir. Maftuch, M.Si menyampaikan sebagai entrepreneur university, FPIK UB mendukung great strategy UB. Bapak Dekan berharap kedatangan Bapak Dahlan Iskan dalam memberikan kuliah umum ini dapat memberikan motivasi kepada mahasiswa baru untuk menyelesaikan studi dan mempersiapkan diri menghadapi era yang akan datang.


Leave a Reply