Mahasiswa FPIK Buat Inovasi untuk Kelompok Usaha Lele



13 Mahasiswa FPIK yang tergabung dalam tim LKP2 (Lembaga Kajian Pengembangan Profesi) berhasil melakukan Pemberdayaan Kelompok Usaha Olahan Lele Desa Pagelaran, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Malang, Jawa Timur melalui Diversifikasi Produk dan Online Marketing System Berbasis Industri 4.0.

Latar belakang dibuatnya sistem ini berdasarkan pengalaman bahwa masyarakat di Desa Pegelaran sering mengalami kesulitan dalam mengembangkan usaha lelenya akibat minimnya pengetahuan teknologi pengolahan ikan, khususnya ikan lele dan kurangnya informasi mengenai media promosi dan pemasaran, sehingga masyarakat Desa Pagelaran hanya mengandalkan hasil olahannya yaitu abon ikan lele dan pemasaran masih memakai jasa distributor.

Penerapan diversifikasi produk akhirnya menghasilkan produk-produk baru beru, seperti tahu bakso, bakso ikan, nugget dan siomay. Tim LKP2 yang diketuai oleh Mochamad Satria Ardiansyah (AP 2017) dan dibimbing oleh Dr. Sc. Asep Awaludin ini melakukan pelatihan-pelatihan kepada kelompok usaha dan masyakarat Desa Pegelaran. Selain itu, tim ini juga membuat online marketing system, supaya segmentasi pasar menjadi lebih luas.

Ide ini dihasilkan oleh tim PHBD (Program Hibah Bina Desa) FPIK UB, dan menjadi satu-satunya tim yang lolos pendanaan dari Kemenristekdikti 2019.


Leave a Reply