PKKMABA FPIK 2019: FPIK SATU, FPIK MAJU!



Kegiatan PKKMABA merupakan ajang pengenalan mahasiswa baru FPIK terhadap kehidupan akademik dan kemahasiswaan di FPIK UB. Selama dua hari, mahasiswa baru mendapatkan materi mengenai sistem perkuliahan, organisasi kemahasiswaan dan administrasi kampus FPIK. Pada setiap kegiatan PKKMABA selalu menghadirkan pembicara tamu untuk memberikan motivasi kepada Mahasiswa Baru FPIK.

MABA FPIK 2019 bersiap memasuki venue PKK

Kegiatan yang berlangsung selama 2 (dua) hari, dimulai tanggal 14 – 15 Agustus 2019 ini bertempat di Lapangan Basket FPIK UB. Pada hari pertama, kegiatan diawali dengan opening ceremony yang terdiri dari penampilan tari daerah, tilawah Al Qur’an, sambutan Presiden BEM, sambutan Bapak Riski Agung, MP selaku Ketua Pelaksana PKKMABA FPIK 2019, sambutan Prof. Happy Nursyam selaku Dekan FPIK dan penyematan atribut MABA sebagai tanda dibukanya kegiatan PKKMABA FPIK 2019.

Prof. Happy memberi sambutan pada kegiatan PKKMABA FPIK hari pertama

Materi pada hari pertama ini diawali mengenai Wawasan Kebangsaan dan Belanegara yang menghadirkan narasumber dari TNI AD yaitu Mayor Inf Sunardi. Dilanjutkan oleh Kuliah Tamu dari Badan Riset dan Sumberdaya KKP yaitu Ibu Yayan Hikmayani, beliau selaku Kepala Balai Besar Riset Sosial Ekonomi Kelautan dan Perikanan. Materi selanjutnya adalah penyampaian sejarah, visi dan misi FPIK serta sistem penyelenggaraan pendidikan tinggi. Materi penutup adalah mengenai nilai budaya, tata krama dan etika keilmuan sebelum rangkaian kegiatan PKKMABA pada hari pertama diakhiri.

MoU antara FPIK UB dengan KKP

Di hari kedua, MABA diberikan materi mengenai penyesuaian diri di Perguruan Tinggi (cara belajar, manajemen waktu dan manajemen stress), materi layanan mahasiswa dan teknologi informasi serta materi tentang beasiswa, organisasi dan SOP Kemahasiswaan. Upacara penutupan kegiatan PKKMABA FPIK ditandai dengan pelepasan atribut MABA oleh Dr. Guntur selaku Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan penjelasan singkat mengenai POST TEST PKKMABA 2019, Open House dan Krida Mahasiswa yang harus dilalui oleh MABA FPIK 2019 setelah kegiatan PKKMABA usai.

Tahun ini, FPIK UB menerima sejumlah 968 mahasiswa baru, yang terdiri dari 138 mahasiswa Program Studi Budidaya Peraian, 155 mahasiswa Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan, 152 mahasiswa Program Studi Teknologi Hasil Perikanan, 133 mahasiswa Program Studi Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan, 155 mahasiswa Program Studi Ilmu Kelautan, 193 mahasiswa Program Studi Agrobisnis Perikanan dan 42 mahasiswa Pogram Studi Akuakultur PSDKU Kediri.


Leave a Reply