Tiga Dosen FPIK UB Lakukan PKM Budidaya Udang Vanamei di Kabupaten Gresik



Tiga Dosen Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Brawijaya (FPIK UB) Nanik Retno Buwono, S.Pi, MP (ketua), Dr. Ir. Muhammad Musa, MS (anggota) dan Sulastri Arsad, S.Pi, M.Sc, M.Si (anggota) melakukan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) di Desa Wadak Kidul Kecamatan Duduk Sampeyan Kabupaten Gresik Jawa Timur.

Kegiatan yang dilaksanakan bulan Mei hingga November 2019 bagi Kelompok Tani Kamil Jaya bergerak pada kegiatan budidaya udang vanamei secara tradisional. Budidaya udang vanamei yang dilakukan Kelompok Tani Kamil Jaya dengan sistem tradisional dikelola dengan bergantung pada alam, tanpa pengecekan kualitas air dan tidak ada penambahan pakan secara intensif dikarenakan harga pelet yang mahal.

Sehingga, sistem ini berdampak pada rendahnya survival rate (<60%), ukuran udang yang relatif kecil dan kurang seragam.

Oleh karena itu, perlu dilakukan sosialisasi mengenai perbaikan teknologi budidaya dari tradisional menuju teknologi semi intensif dan ramah lingkungan.

Program ini bertujuan untuk membagikan pengetahuan, pemahaman maupun keterampilan pada mitra mengenai penerapan teknologi tradisional plus pada tambak budidaya melalui kegiatan monitoring kualitas air berupa parameter kualitas air dan metode pengukurannya serta pembuatan pakan buatan secara mandiri.

Adanya pemahaman mengenai teknologi tradisional plus pada tambak budidaya udang vanamei akan memudahkan Kelompok Tani Kamil Jaya dalam mengkontrol kualitas air, menentukan jumlah padat tebar yang ideal serta menentukan jumlah dan waktu pemberian pakan buatan. 

Jenis pakan buatan yang digunakan harus memiliki kualitas yang baik. Selain itu, pembuatan pakan secara mandiri akan memudahkan kelompok tani budidaya dalam memilih bahan yang berkualitas dengan harga terjangkau, membuat komposisi pakan sesuai kebutuhan, dan dapat menekan biaya yang dikeluarkan.  “Sehingga, pengaplikasian teknologi tradisional plus pada tambak budidaya udang vanamei dapat meningkatkan produksi hasil panen budidaya dan meningkatkan pendapatan para pembudidaya udang vanamei,”kata Nanik Retno.

credit: prasetya.ub.ac.id


Leave a Reply