Tim Doktor Mengabdi FPIK UB Ciptakan SnV-Logger



Tim Doktor Mengabdi Universitas Brawijaya (UB) yang diketuai oleh Dr. Ating Yuniarti (FPIK UB) bermitra dengan Pokdakan Sumber Barokah III menciptakan teknologi SnV-Logger pada budidaya udang vannamei di Desa Wangen, Kecamatan Glagah Lamongan. Tim doktor mengabdi ini beranggotakan Dr. Anik Martinah Hariati (FPIK UB), Muhammad Fakhri, M.Sc (FPIK UB) dan Harnan Malik Abdullah, M.Sc (Vokasi UB).

SnV-Logger adalah alat monitoring kualitas air (pH dan suhu) berbasis Internet of Things (IoT) yang memiliki 5 keunggulan yaitu portable (mudah dibawa), real time (mengetahui nilai kualitas air secara langsung), user friendly (kalibrasi sensor dapat dilakukan menggunakan smartphone berbasis web), smart (periode pembacaan kualitas air dapat diatur sesuai dengan kebutuhan) dan value (kemanfaatannya dirasakan oleh mitra).

Latar belakang diciptakannya inovasi tersebut adalah karena permasalahan penurunan produksi udang vannamei yang disebabkan oleh pengelolaan kualitas air yang buruk sehingga udang mudah terserang penyakit.

Menurut Harnan Malik, pada pengukuran parameter suhu dan pH, alat ini akan memindai sensor suhu dan pH yang diletakkan di dalam air kolam. Pemindaian ini dilakukan secara periodik oleh perangkat Raspberry Pi yang kemudian menyimpan datanya. Disisi lain, Raspberry Pi juga akan mengirim ke database online melalui jaringan internet. Oleh karena itu, data hasil pengukuran dapat diakses darimana saja melalui jaringan internet dengan menggunakan smartphone, komputer ataupun laptop. Fakhri menambahkan bahwa alat ini dilengkapi dengan solar cell (30 Watt Peak) sebagai sumber energi dan dapat bertahan 2 hari jika tersinari matahari minimal 3 jam.

Diseminasi unggulan lainnya yang diberikan kepada mitra yaitu produksi probiotik “Pelatihan produksi probiotik dilakukan untuk meningkatkan wawasan dan kemampuan mitra sehingga pada proses selanjutnya dapat memproduksi probiotik secara mandiri,” kata Ating Yuniarti.

Bahan-bahan yang digunakan untuk memproduksi probiotik adalah starter mikroogranisme (Bacillus, Lactobacillus, Nitrosomonas dan Nitrosococcus) yang merupakan produk dari Kelompok Riset Aquatic Biofloc, air kelapa, gula merah, rempah-rempah, dan susu segar. Probiotik ini dapat dimanfaatkan secara langsung pada air kolam atau dicampurkan ke dalam pakan.

Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk transfer teknologi kepada masyarakat melalui Program Hibah Doktor Mengabdi yang didanai oleh LPPM UB. Mereka sangat berterimakasih kepada LPPM UB Malang yang telah mendanai kegiatan tersebut.

cr:timesindonesia.co.id

 

 


Leave a Reply