Jurusan Sosial Ekonomi Perikanan dan Kelautan (SEPK)


FPIK-6.png

Jurusan Sosial Ekonomi Perairan dan Kelautan (SPEK) memiliki 1 program studi yang telah terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional (BAN), yaitu Program Studi S1 Agrobisnis Perikanan (AP) akreditasi B (157/SK/BAN-PT/Ak-XVI/VII/2013) (SPEK) has 1 study program that has been accredited by National Accreditation Board (BAN), namely Bachelor Degree Program of Agribusiness Fisheries (AP) accreditation B (157 / SK / BAN-PT / Ak-XVI / VII / 2013)

Program Studi Agrobisnis Perikanan

SK Mendikbud No. 0174/0/1983 dan SK Dirjendikbud No. 118/Dikti/1984 sebagai dasar penyelenggaraan Program Studi Sosial Ekonomi Perikanan (SEP) yang terakreditasi dengan nilai ”A” berdasarkan SK BAN PT No. 014/BAN-PT/Ak-X/S1/IX/2006 tertanggal 7 September 2006. Kemudian, dengan SK Dikti Tahun 2008 dan SK Rektor No. 092/SK/2008, Program Studi SEP meningkat statusnya menjadi Jurusan Sosial Ekonomi Perikanan dan Kelautan dengan satu program Studi AGROBISNIS PERIKANAN (Sosek Perikanan) berdasarkan SK Dirjen Dikti No. 163/Dikti/Kep/2006. Sehingga, pada Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru T.A. 2010/2011, dengan nama resmi Program Studi  ”AGROBISNIS PERIKANAN  (SOSIAL EKONOMI PERIKANAN)”.

Visi

Menjadi program studi unggul berstandar internasional dalam pembangunan perikanan berkelanjutan dengan prinsip Blue Economy dan berjiwa entrepreneurship.

Misi

  • Menyelenggarakan pendidikan agrobisnis perikanan (sosial ekonomi perikanan) melalui suasana akademik yang kondusif menuju standarisasi internasional yang berjiwa entrepreneurship dalam rangka pembangunan perikanan yang berkelanjutan.
  • Meningkatkan kegiatan penelitian yang berkualitas dalam pengelolaan sumberdaya perikanan dan kelautan dalam skala regional, nasional, dan internasional yang dipublikasi secara nasional dan internasional dan bermuara pada hilirisasi hasil-hasil penelitian.
  • Melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat sebagai wujud tanggung jawab moral institusi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan prinsip Blue Economy.
  • Meningkatkan daya saing program studi melalui kerjasama internasional dengan berbagai institusi dari luar negeri.

Tujuan

  • Menghasilkan Sarjana Perikanan paripurna (bertaqwa, berideologi Pancasila, berjiwa entrepreneur, serta berdaya saing global, yang ditunjang kemampuan berkomunikasi dan bekerjasama dalam kelompok multidisiplin yang cakap memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi) dengan kompetensi pada bidang kajian bisnis dan perdagangan, ekonomi sumberdaya, dan sosial perikanan, yang Adaptif, Kreatif, ber-Karakter, Empati, Cerdas dan Mandiri (AK2ECM), serta berwawasan internasional dengan landasan prinsip Blue Economy.
  • Mengembangkan penelitian di bidang Sosial Ekonomi Perikanan dengan sistem manajemen yang sustainable melalui penelitian yang berkualitas dalam pengelolaan sumberdaya perikanan dan kelautan dalam skala regional, nasional, dan internasional yang dipublikasi secara nasional dan internasional dan bermuara pada hilirisasi hasil-hasil penelitian.
  • Meningkatkan jumlah pengabdian kepada masyarakat sebagai wujud tanggung jawab moral institusi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan pendekatan yang terintegrasi antara sosial, ekonomi dan ekologi.
  • Menjadi inisiator dan penggerak dalam aktifitas yang menunjang kerja sama dengan berbagai institusi luar negeri sebagai penyelenggara seminar internasional bersama, joint research, join author, dan team teaching collaboration.

PS AP (SEP) sebagai bagian dari institusi Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, mengacu pada pengembangan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan yang mengakomodasikan kegiatan tridharma perguruan tinggi (pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat) dengan berpedoman pada Renstra Universitas

Tahap Nasional dimana terdapat transisi Kelembagaan dan Pemantaban Daya Saing Tingkat Nasional, pada tahap ini diinisiasi persiapan pencapaian skala ASEAN. Demikian juga dengan PS AP (SEP) pada tahapan ini telah bergerak mencapai tahap nasional. Banyak hal telah dicapai di tahap Nasional ini, mulai dari keikutsertaan di forum nasional hingga prestasi-prestasi yang berhasil diraih dari sumberdaya manusia berbasis di Progam Studi AP/SEP.

Tahap regional dimana pencapaian daya saing di lingkup ASEAN sekaligus memasuki pencapaian tahap ASIA. PS AP (SEP) pada tahapan ini telah melakukan beberapa kegiatan yang mengindikasikan pencapaian di lingkup regional dengan mengikutsertakan sumberdaya manusia yang dimiliki PS AP (SEP) dalam kegiatan-kegiatan tingkat ASIA. Bahkan di tahun 2017 pihak PS AP telah menginisiasi terjalinnya MoU antara Universitas Brawijjaya dan University Malaysia Terengganu yag menjadi pintu awal terjalinnya kerja sama regional antara kedua belah pihak, kerja sama ini meliputi adanya sharing knowledge yang telah diselenggarakan pada bulan Nopember tahun 2017.

Tahap Global dimana pencapaian daya saing di lingkungan Global, hal ini direncanakan melalui strategi-strategi yang disusun pada tabel 1.1.5, langkah yang direncanakan telah disusun dengan memperhatikan base line yang dimiliki untuk kemudian dikembangkan berdasar analisis SWOT yang menjadi landasan dokumen Evaluasi Diri juga. Kemudian diterjemahkan dalam program kerja berdasar rencana strategis Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan.