Jurusan Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan dan Kelautan (PSPK)


FPIK (7)
Jurusan Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan dan Kelautan (PSPK) mempunyai 2 program studi yang telah terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional (BAN) yaitu :

Program studi Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan (PSP) akreditasi A (866/SK/BAN-PT/Akred/S/III/2018) 

Program studi Ilmu Kelautan (IK) akreditasi A (1527/SK/BAN-PT/Akred/S/VI/2018) 

Program Studi Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan

Visi

Menjadikan Program Studi Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan unggul yang berstandar internasional dan mampu berperan aktif dalam pembangunan bangsa melalui proses pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat dalam bidang pemanfaatan sumberdaya perikanan yang berwawasan lingkungan.

Misi

Menyelenggarakan proses pendidikan untuk menghasilkan sarjana/ahli yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Mahaesa dan berjiwa enterpreneur dengan menerapkan prinsip-prinsip ekologi yang memilikii kompetensi eksplorasi, eksploitasi dan manajemen sumberdaya perikanan dan kelautan yang sesuai dengan kebutuhan pembangunan kelautan dan perikanan

Menyelenggarakan penelitian yang berkualitas berbasis komitmen dan moral untuk mengembangkan IPTEKS (Ilmu Pengetahuan Teknologi dan Seni) dibidang eksplorasi, eksploitasi dan manajemen sumberdaya perikanan dan kelautan yang berkelanjutan.

Menyelenggarakan pelayanan dalam pendidikan/pelatihan, penelitian dan pengabdian serta pemberdayaan masyarakat (stakeholder) di bidang eksplorasi, eksploitasi dan manajemen sumberdaya perikanan dan kelautan yang berwawasan lingkungan.

0
Mahasiswa Aktif
0
Tenaga Pengajar
0 +
Alumni

Jumlah mahasiswa aktif Program Studi Pemanfaatan Sumberdaya Perairan sampai tahun 2019/2020 sebanyak 598 orang dengan jumlah tenaga pengajar sebanyak 20 orang dengan strata pendidikan S3 dan S2. Alumni yang sudah dihasilkan sebanyak > 1500 orang yang tersebar di berbagai daerah dengan lingkup pekerjaan sebagai PNS, konsultan, BUMN, Industri, Perbankan, Peneliti, Entrepreneur, dan Tenaga Pengajar.

Program Studi Ilmu Kelautan

Program Studi Ilmu Kelautan Universitas Brawijaya merupakan prodi yang berada dalam naungan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan. Ilmu Kelautan merupakan suatu program studi yang didalamnya menitik beratkan pada minat/konsentrasi kajian ilmu seperti Oceanografi, Konservasi, dan Eksplorasi terhadap lingkungan laut.

Visi

Menjadikan Program Ilmu Kelautan unggul yang berstandar internasional dan mampu berperan aktif dalam pembangunan bangsa melalui proses pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat dalam bidang pemanfaatan sumberdaya perikanan yang berwawasan lingkungan.

Misi

Menyelenggarakan proses pendidikan dan mengaplikasikan secara efektif ilmu pengetahuan, teknologi dan seni (IPTEKS kelautan guna menghasilkan sarjana/ahli yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berjiwa enterpreneur, mempunyai wawasan dan kemampuan akademik serta teknis yang diperlukan untuk memecahkan permasalahan bidang kelautan berdasarkan kompetensi eksplorasi dan eksploitasi non ikani, oceanografi serta konservasi sumberdaya pesisir dan kelautan.

Menyelenggarakan kegiatan penelitian untuk mengembangkan, menggali, menghasilkan dan memperkaya IPTEKS bidang eksplorasi dan eksploitasi non ikani, oceanografi serta konservasi sumberdaya pesisir dan kelautan yang berkelanjutan.

Menyelenggarakan pelayanan dalam pendidikan/pelatihan, penelitian dan pengabdian serta pemberdayaan masyarakat (stakeholder) di bidang eksplorasi dan eksploitasi non ikani, oceanografi serta konservasi sumberdaya pesisir dan kelautan yang berkelanjutan.

0
Mahasiswa Aktif
0
Tenaga Pengajar
0 +
Alumni

Jumlah mahasiswa aktif Program Studi Ilmu Kelautan sampai tahun 2019/2020 sebanyak 680 orang dengan jumlah tenaga pengajar sebanyak 20 orang dengan strata pendidikan S3 dan S2. Alumni yang sudah dihasilkan sebanyak > 950 orang yang tersebar di berbagai daerah dengan lingkup pekerjaan sebagai PNS, konsultan, BUMN, Industri, Perbankan, Peneliti, Entrepreneur, dan Tenaga Pengajar.