Mahasiswa FPIK UB Ciptakan Inovasi Detergen Ramah Lingkungan dari Cangkang Kerang Lokan



Tim mahasiswa lolos pendanaan PKM Dikti 2022 bidang kewirausahaan ciptakan inovasi produk detergen ramah lingkungan dengan formulasi 9 in 1 dari cangkang kerang lokan. Tim tersebut terdiri atas Roofi Cahyaningtyas, Mayza Nur Sabilla, Tarisa Putri Lukiyanto (Budidaya Perairan), Aldi Surya Alamsyah (Teknologi Hasil Perikanan), dan Muhammad Nazri Adlani (Fisika), dibawah bimbingan Ibu Qurrota A’yunin, S.Pi., MP, M.Sc.


Cangkang kerang lokan digunakan sebagai biokoagulan untuk menurunkan kadar fosfat pada limbah cair detergen. Produk inovasi yang dinamakan “TemanBumi” ini dikemas dengan plastik gel yang larut dalam air sehingga dapat meminimalisasi penggunaan sampah plastik disetiap mencuci pakaian.


Produk “TemanBumi” diformulasikan sebagai detergen antibakteri, antikarat, antiredeposisi, biodegradable, brightener, fabric protector, low suds, skin sensitive friendly, dan stain remover.


Dengan formulasi yang cukup lengkap, “TemanBumi” dijual dengan harga terjangkau yaitu Rp45.000,00 per cup dengan isi 20 pcs, dan Rp2.500,00 disetiap penjualan per pcs. Untuk 1 pcs dapat digunakan untuk mencuci 5-6 kg pakaian.


Harapannya dengan adanya detergen “TemanBumi” dapat memberikan solusi untuk memenuhi kebutuhan dalam mencuci pakaian serta dapat mengurangi dampak buruk penggunaan detergen terhadap lingkungan.


Leave a Reply