Optimasi Pakan Alami Mikroalga dalam Upaya Peningkatan Kualitas Benih Udang



Kegiatan Pengabdian Masyarakat sudah menjadi bagian dari tugas dosen, tidak terkecuali dosen FPIK UB. Pada tahun 2021, melalui Program Kemitraan Masyarakat (PKM) yang didanai oleh DRPM (Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi      (KEMENRISTEKDIKBUD), Dosen FPIK UB yang diketuai oleh Sulastri Arsad, M.Si dan beranggotakan Dr. Muhammad Musa dan Evellin Dewi Lusiana, M.Si melaksanakan kegiatan pengabdian bertema “PKM Peningkatan Produksi Benih Udang Melalui Perbaikan Kualitas Pakan Alami”. Selain itu, kegiatan PKM juga melibatkan tim teknis yaitu Dr. Mohammad Mahmudi, Siti Nurchotipah (Pranata Laboratorium Pendidikan FPIK UB), Nur Aliya  (mahasiswa S2 FPIK UB) dan Rafli Wildan (mahasiswa S1 FPIK UB) yang melaksanakan Praktik Kerja Lapang (PKL) di Kelompok Benur Barokah Tuban.

Berdasarkan hasil survei dan diskusi, mitra (Kelompok Benur Barokah) mengalami kendala yakni SR (Survival Rate) hasil panen rendah <50%, penyediaan pakan alami hanya meminta/bergantung dari orang lain, ditambah mitra kesulitan dalam memasarkan hasil panen karena pandemi Covid-19. Hal ini mengakibatkan usaha mengalami penurunan karena terbatasnya kegiatan masyarakat. Oleh karena itu, kegiatan pengabdian ini diharapkan sebagai upaya untuk meningkatkan ketahanan pangan di masa pandemi Covid-19.

Kegiatan yang dilaksanakan untuk mengatasi masalah mitra Kelompok Benur Barokah Tuban yaitu perbaikan kualitas benih udang melalui perbaikan pakan alami benih udang. Tim pengabdian berupaya agar mitra memiliki stok ketersediaan pakan alami mikroalga secara mandiri dan berkelanjutan. Agar kegiatan ini terdokumentasi dan mudah diakses, maka tim PKM membuat video tutorial kultur pakan alami mikroalga sebagai bahan acuan mitra, penyusunan SOP (Standar Operating Procedure) kultur pakan alami mikroalga sebagai pedoman mitra Benur Barokah, praktik kultur pakan alami mikroalga starin tunggal (murni)  secara langsung bersama mitra di Tuban, pembuatan website Benur Barokah untuk memudahkan dan memperluas jangkauan pemasaran, hibah alat kualitas air untuk monitoring kondisi air di bak benih udang, serta feed back/umpan balik dari mitra melalui pemberian kuesioner.

Harapannya, kegiatan PKM ini dapat menyelesaikan beberapa permasalahan mitra khususnya terkait ketersediaan pakan alami mikroalga oleh kelompok Benur Barokah, sehingga mendapatkan pakan alami yang berkualitas untuk menunjang pertumbuhan benih udang. Selain itu, adanya website Benur Barokah diharapkan dapat mempromosikan (branding) kelompok Benur Barokah baik di di kawasan lokal, regional, maupun, nasional. (Sulastri Arsad).


Leave a Reply