Ditulis pada tanggal 3 April 2018, oleh PSIK FPIK, pada kategori Berita

PHBD

Acara Workshop Program Hibah Bina Desa (PHBD) FPIK UB diselenggarakan 09 Maret 2018 oleh SKM( Sekolah Kreativitas Mahasiswa) FPIK UB, merupakan salah satu kegiatan pengenalan pemberdayaan masyarakat kepada mahasiswa FPIK UB melalui Ikatan Organisasi Mahasiswa Sejenis , Unit Kegiatan Mahasiswa, dan lembaga Lembaga yang ada di Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelauatan Universitas Brawijaya. Tujuan dilaksanakanya acara ini adalah Mahasiswa Pelaksana PHBD  mampu menumbuhkan rasa peduli dan kontribusi kepada masyarakat di desa agar terbangun desa yang aktif, mandiri, berwirausaha, dan sejahtera. Selain itu, Mahasiswa diharapkan mampu menemukan dan mengembangkan potensi yang sudah ada untuk diwujudkan menjadi kegiatan nyata atau mengembangkan kegiatan yang telah dirintis masyarakat menjadi lebih berkembang dan bermanfaat sehingga dapat mewujudkan ketahanan Nasional di Wilayah Republik Indonesia.

Acara dihadiri oleh perwakilan lembaga: BEM,  SKM, HMP PSP, HMP BP, HIMATRIK, HIMALAYA, HIMASEKA, FISDIC, PESIAR, AL HISAF, FOKSI, FISHCO, FSR, MASCOTER, KMKK.

Pemateri 1: Bapak Sukandar MP.

Bedah buku Pemberdayaan Masyarakat

PHBD merupakan lembaga kemahasiswaan yang termaktub dalam SK. Pemberdayaan : upaya meningkatkan orang ( miskin, pengangguran, kelompok yang dimarginalkan, kelompok difabel, seni tradisional) untuk diberdayakan.

Kesimpulan: siapa butuh kelompok, siapa yg ingin berubah, siapa yang ingin melaksanakan, siapa yang merasa terpinggirkan, siapa yang ingin mengelola dan memanfaatkan.

Pemateri 2: Ibu Anik Martinah

Sosialisasi Program Organisasi Kemahasiswaan

2018 :  Tema PHBD untuk negeri

PHBD hampir mirip dengan PKM M, dengan  PKM K. Tahapan PHBD ada 3 Pra proposal, Proposal, Presentasi.

Bina desa merupakan sasaran bagi mahasiswa. Memberikan inovasi kepada masyarakat adalah dengan menyelami masyarakat, bukan diawali dengan sebuah teknologi. Karakter masyarakat harus dimiliki oleh mahasiswa berada dimana?. 4 pilar yang harus dimiliki mahasiswa: Academic knowledge, communication skill, management skill, skill of thinking.

Jangka waktu pelaksanaan: 6 bulan setelah kontrak. Merancang program supaya masyarakat mandiri.

Pemateri 3 : Imanuddin Rahman  BP. 2015

Tips dan Trick untuk mendapatkan Pendanaan

PHBD: program  yang merupakan cara mahasiswa menjadi manusia sejati yang selalu peduli dengan sosial. Ditujukan oleh mahasiswa untuk masyarakat.

Perbedaan PKM M: tahap seleksi full proposal, tidak ada hasil survei. PHBD: Tahap seleksi praproposal, ada hasil survei. Kunci : Mitra., penentuan judul (13-17 kata), buat istilah baru , gunakan kata yang baku.